Dalam artikel Road Map to Developing a School Improvement Plan (Jentsch & Wolfe, n.d.) menuliskan bahwa banyak sekolah telah berusaha untuk menyusun dan melaksanakan rencana meningkatkan pembelajaran siswa, tetapi mengalami kegagalan karena kehilangan elemen penting dalam proses perencanaan tersebut. Adapun empat tahap penting dalam perencanaan perbaikan sekolah, menurut (Jentsch & Wolfe, n.d.), yait

Diagnostic Review Adalah penilaian kebutuhan komprehensif, audit sekolah, tinjauan kualitas sekolah, dan penilaian kesiapan sekolah dengan melakukan inventarisasi kekuatan dan tantangan sekolah yang dipetakan pada rubrik atau kerangka kerja. Ini bertujuan agar sekolah melakukan penilaian yang akurat tentang praktik sekolah dan konteks yang penting bagi pembelajaran siswa sebelum menentukan kebijakan baru.

Root Cause Analysis Adalah tahap untuk sekolah menganalisis akar penyebab masalah yang terjadi dan berdampak pada rendahnya prestasi siswa. Root cause analysis yang berhasil ketika sekolah dapat mengindentifikasi akar penyebab masalah dengan benar sehingga dapat melihat hal-hal yang menghambat proses perbaikan dan menghasilkan solusi yang terbaik.

Teknik Root Cause Analysis (RCA) dalam proses problem solving adalah sebuah teknik yang dimaksudkan untuk membantu tim di sekolah untuk menemukan dan memahami penyebab utama dari masalah yang ada, dengan tujuan menghilangkan penyebab-penyebab tersebut tidak muncul lagi di waktu mendatang sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan.

Developing Strategies And Goal  Adalah serangkaian kegiatan terkoordinasi yang ditetapkan dan dilaksanakan, sehingga menggerakkan sekolah menuju tujuannya dengan mengatasi tantangan yang ada.

Building Manageable Action Plans Adalah rencana tindakan yang menggambarkan siapa yang melakukan dan kapan harus memajukan strategi sehingga dapat melihat kemajuan yang terjadi, mengatasi serta memecahkan masalah yang muncul serta melakukan revisi berdasarkan implementasi, perbaikan, dan data yang ada