8 Budaya Menarik Hanya Keluarga CH yang Paham dan Lakukan

Sebagai sebuah sekolah swasta yang bertempat tinggal di daerah gersang nan tandus diwilayah kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali, sekolah Cendekia Harapan tidak termasuk sekolah yang luas dalam bentuk lahan. Megah dalam rupa bangunan, mewah dalam bentuk furniture. Semua serba sederhana namun penuh makna. Hampir setiap sudut sekolah Cendekia Harapan menyimpan dan memiliki makna tersendiri. Makna-makna ini menyiratkan isi setiap indikator pembelajaran yang diajarkan di sekolah Cendekia Harapan. Dibangun sejak tahun 2003, berawal dari rumah kontrakan, sekolah Cendekia Harapan merintis dirinya melawan ketidak bersahabatan kaum kapitalis di Bali pada waktu itu. Sehingga bara api jengah tersebut menanak dan menghasilkan sebuah
sekolah Cendekia Harapan. Sekolah Cendekia Harapan, sekarang sudah berusia 18 tahun. Terbilang cukup muda, namun penuh berkah dengan prestasi peserta didik dan tenaga pendidiknya yang mendunia. Lulusan dari sekolah Cendekia Harapan mampu bersaing ditingkat nasional dan bahkan internasional. Berbagai macam penghargaan bergengsi pernah diraih oleh sekolah Cendekia Harapan. Paling fenomenal adalah sebagai sekolah terbersih di Indonesia, sehingga juara 1 lomba sekolah sehat (UKS) Indonesia pada tahun 2008 pun disematkan. Disamping itu juga, beberapa Piagam Penghargaan LEPRID dan juara robotik dunia di Cina, diembat juga oleh siswa-siswi dan tenaga pendidik sekolah Cendekia Harapan. Ini tidak luput dari 8 KARAKTER yang dipupuk dan dikembangkan terus di sekolah Cendekia Harapan. Sebagai bagian dari anggota keluarga CENDEKIA HARAPAN, teman-teman pasti tau dan memiliki budaya ini kan.

1. Creative

Sudah pastilah, sebuah kreativitas harus dikembangkan, bukan dikekang. Apalagi dimasa sekarang. Dunia dalam genggaman, kreativitaspun tanpa batas. Oleh karena itu, kita sebagai anggota keluarga CH, pastilah orangnya kreatif dan selalu rendah hati. Di CH, teman-teman pasti diberikan kebebasan mengekspresikan semua ide dan kreativitas teman-teman tanpa batas ruang dan waktu maupun usia.

2. Honest

Modal utama seorang manusia adalah jujur. Berani jujur, HEBAT. Motto sederhana yang selalu menggema pada civitas keluarga CH. Jujur pada masa sekarang sangat sulit dan mahal harganya. Oleh karena itu, dalam berkarya dan belajar di sekolah CH, pastilah kejujuran menjadi keharusan dalam berbagai aspek kegiatan.

3. Intelligent

CH, tidak hanya mengembangkan kemampuan kognetif semata, kemampuan afektif pun dijamah. Tujuannya sederhana, menyeimbangkan semua kemampuan yang terdapat pada aggota keluarga CH. Karena kita paham, pintar tanpa akhlak yang baik, tidaklah bermanfaat bagi masyarakat, baik namun tidak pintar, juga sama ibarat hidup tanpa makna.

4. Lovable

Berbaur dan berteman tanpa batas serta tidak ada perbedaan SARA itulah cara kita menunjukkan cinta di CH kita. Dikehidupan sehari-hari pun, kita tidak akan menemukan bullying, bad word, atau S word. Yang ada adalah kebersamaan dan selalu menggunakan magic word. Jangankan dengan sesama manusia, dengan binatang dan tanaman pun kita berhabat dan saling mencintai satu sama lain. Karena cinta itu, tidak hanya sebatas ucapan semata, namun harus dilakukan dan dirasakan indahnya bersama.

5. Discipline

Kunci kesuksesan seseorang adalah bagaimana mereka mampu menerapkan disiplin dalam dirinya. Disiplin membentuk karakter kita untuk mampu peduli sesama dan lingkungan sekitar. Tidak egois dan menang sediri, namun berbagi dalam berbagai aspek. Sederhananya, kalau kita keliling atau jalan-jalan di area sekolah Cendekia Harapan, kita tidak akan menemukan sampah plastik berserakan barang secuil pun.

6. Respectful

Perbedaan itu indah, apabila pelangi itu hanya berwarna pink semata. Maka tidak akan ada yang menyebut pelangi itu indah. Pelangi itu akan indah apabila dikombinasikan oleh semua warna alam dengan penuh cinta. Begitu juga sebagai keluarga CH, kita tidak mengenal perbedaan apapun. Semua membaur mejadi satu dalam bentuk kekeluargaan penuh sahaja tanpa memandang perbedaan SARA.

7. Eager

Selalu siap mengahadapi setiap tantangan apapun. Dalam mengikuti proses pembelajaran kita tak pernah menyerah apalagi pasrah. Yang ada adalah berusaha dan berusaha. Karena kita tau semakin kedepan, tantangan kehidupan semakin berat, siap tidak siap harus siap. Sebagai keluarga CH kita siap kapanpun dan dimanapun serta dalam keadaan apapun.

8. Naturalist

Alami itu indah nan penuh manfaat. Kita keluarga CH selalu berkembang secara alami. Tanpa ada formalin kehidupan atau karbit pemasak jiwa, maupun micin buatan kehidupan. Semua mengalir sesuai dengan kodrat dan usia serta waktunya. Karena kita sadar, hal yang tumbuh dan berkembang secara alami selalu menghasilkan sesuatu yang kekal, abadi nan indah.

Bagaimana, buat teman-teman yang pernah menginjakkan kaki di CH, merasakan hal ini kah? Sudahkah hal ini menjadi budaya dalam kehidupan kita? Mari kita wujudkan kehidupan yang CHILDREN bersama-sama. Sehingga kelak, Indonesia dan dunia akan menjadi indah dan selalu berwarna bak pelangi.

Badung, 1 Desember 2021

~Saman

2021-12-01T18:35:00+08:00

Leave A Comment

Go to Top